Klik disini untuk info lebih lanjut

Tips & Trik Belajar Tes PTN

Ini adalah tulisan temen baik gua, Anggi Firman (pejuangtesptn.blogspot.com) yang gua repost disini. Dia satu SMA bareng SMAN 48 Jakarta, dan sekarang diterima di FTMD ITB, mantabss..


Belajar buat tes PTN susah banget, soalnya gak pernah diajarin di sekolah, malah pas tes waktunya cepet banget, nilai TO gitu - gitu aja.. PUSING SAMA TES PTN !!!

Woles bro, lu gak sendirian, itu adalah hal yang pernah gw alamin pas kelas 12 ketika tes PTN semakin hari semakin dekat. Ya mungkin itu beberapa keluhan lu semua ketika lu paham kenyataan diri lu gak akan dapet PTN di jalur undangan and the only way to get your PTN favorit ya ikut SBMPTN (itu nama tes PTN nasional pas jaman gw). Disini nih tantangannya lu dihadapkan akan dua pilihan yang membuat lu galau abis, lu pilih PTN kelasnya dibawah ekspetasi lu di jalur undangan supaya dapet? atau fix ikut SBMPTN?. So, kalo pilihannya ternyata adalah ikut SBMPTN, tantangan kedua dateng yaitu lu harus belajar "ekstra" sampe titik dimana lu merasa bisa buat dapetin tuh PTN yang dimau.

Ini nih yang bakal gw bahas mengenai gimana caranya belajar "ekstra" untuk ngadepin SBMPTN. Pasti di otak lu mikirnya wah belajar ekstra, belajar gak berhenti-berhenti dong.. gak bro, "ekstra" disini by definition adalah belajar efektif. Layaknya teori mesin carnot aja, gak akan 100% semua energi jadi kerja, ada 'efisiensi'. Setiap lu belajar bukan seberapa lamanya tapi seberapa banyak materi yang lu serap, percuma belajar lama-lama toh yang terserap dari setiap lu belajar gak akan 100%. Nah, gimana caranya belajar "ekstra"?? sok kita mulai..

  • PASANG TARGET
Misalnya lu lagi suka sama orang yang ada di kelas lu (gw harap bukan guru yang mengajar ya), dia orangnya perfect banget udah cakep, pinter, alim, kaya, dan gak banyak tingkah. Lantas lu mau macarin dia, on the other side lu tuh jelek, gak pinter, gak pernah ibadah dan miskin pula, apa yang ada diotak lu? ya kalo gak lu cari orang yang sama modelnya kaya lu atau lu bisa perbaikin diri biar bisa macarin si doi.
Sama bro kaya lu milih PTN mana yang mau dituju, ketika liat alumni dateng pake jamal (jas almamater) lu jadi pengen ngikutin dia dan lu tau PTN-nya seperti apa maka lu pasti akan mengukur diri dan timbul pertanyaan di hati lu "pantas kah ku mendapatkannya ?".

Disini lu harus pasang target PTN mana yang mau di tuju, lu harus tentuin dulu dari SEKARANG!. Dengan menentukan mana PTN yang mau didatengin secara otomatis lu udah ngukur diri kira-kira kemampuan lu sekarang ini. Permasalahannya pasti kebanyakan dari lu kemampuannya gak seberapa tapi punya ekspetasi yang tinggi sama PTN yang lu mau, dan balik lagi ke permisalan awal, apa lu mau cari PTN lain yang sesuai kemampuan lu?? atau lu coba belajar buat dapetin PTN yang lu mau??

ALL THINGS ARE POSSIBLE bro, kalo emang lu mau banget dan emang itu impian lu maka KEJAR! JANGAN MERASA DIRI LU GAK MAMPU! KALO ITU MEMBUAT LU BELAJAR SAMPE GAK TIDUR, LAKUIN! BUKTIKAN DIRI LU BISA !!!

Sangat penting memasang target, jadi jangan sampe lu belajar SBMPTN tapi gak tau mau masuk mana. So, wajib hukumnya pasang target. Nah, setelah tau target lu itu apa, lu liat passing grade nya berapa, cari aja di google banyak kok. Setelah dapet baru lu bisa mulai belajar dan gw pastikan akan ada peningkatannya tiap minggu. Adain TO pribadi juga buat ngukur diri kira-kira apa yang masih kurang. OKE BRO?? SEMANGAT!!!
  • NIAT
Banyak yang nganggep faktor satu ini gak penting dan sering dilewatkan. Bukan masalah dari segi ibadahnya, kalo lu belajar tanpa niat niscaya gak akan terarah belajarnya. Awalilah belajar lu dengan niat karena dengan lu niat dipastikan tanpa lu sadar kaya ada yang 'ngarahin' pas lu belajar. contoh: today, gw mau belajar kimia bab kesetimbangan, niatkan kalo lu emang mau belajar dan mau ngerti materinya.Tanpa niat bisa aja gw malah belajar biologi bab ekosistem. Gw jamin bakal lu rasain bedanya pas udah selesai belajar. So, jangan lupakan niat ya..
  • STEP BY STEP
Lu ambil bola basket, terus coba lempar dari jarak 50 meter dari ring dan harus masuk. Kira-kira lu mampu gak? Jangankan lu, yang jago aja kalo emang masuk pasti diitung hoki. Solusinya adalah lu latihan dulu aja dari jarak 30cm dari ring, coba lempar terus ke ring dan gw pastikan peluang bola yang masuk itu banyak. Disini lu bakal merasa ah kegampangan sampe-sampe lu bosen karena setiap bola yang dilempar masuk semua. Yaudah tambahin jaraknya jadi 1,5 meter, pasti disini lu akan merasa agak sulit tapi terus aja lempar sampe lu ngerasa jago lagi dan terus ditambah jaraknya.Tanpa disadari lu bakal sampe di jarak 50 meter bahkan lebih.

Gw sarankan buat lu yang merasa kesulitan ngerjain soal SBMPTN, yaudah jangan dikerjain. Tapi sebagai gantinya lu belajar dari yang gampang dulu aja semisal standar UN dkk. Terus latihan sama soal yang gampang sampe lu jago banget bahkan bosen, baru naik level ke yang susahan dikit atau mungkin langsung ke soal SBMPTN. Setelah lu jago soal SBMPTN cobain aja soal ujian mandiri kaya SIMAK UI dkk. Ujian mandiri itu lu ibaratin aja jarak yang lebih dari 50 meter tadi, kalo ujian mandiri aja lu sikat apalagi SBMPTN?

  • MANAJEMEN WAKTU
Hal terpenting dan penentu dari pola belajar tes PTN yang lu jalanin nih. Tanpa manajemen waktu yang baik maka sia-sia lu belajar. Di awal gw bilang kalo belajar lama belum tentu efektif, yang terpenting berapa banyak materi yang lu serap. Jadi kalo emang pola belajar yang lu terapin serasa cuman buang waktu, gw sarankan lu MENGGANTINYA!. Banyak sih cara buat ngatur pola belajar yang baik karena relatif terhadap orangnya juga. Tapi disini gw kasih berdasar pengalaman pribadi gw pas di posisi lu, mungkin cocok kalo lu jalanin.

Pola belajar yang gw jalanin adalah dengan cara cicilan. Gw bukan tipe orang yang suka belajar terlalu lama, maka dari itu gw sekali buka buku soal paling lama cuman 1 jam, setelah itu ya paling main. Ini serius, tapi bukan main yang keterusan, tetap gw seimbangkan untuk bermain 1 jam juga. Setelah itu ya gw belajar lagi selama 1 jam dan pola itu gw selalu ulang terus sampai H-2 SBMPTN. Buat gw sih itu efektif tapi butuh disiplin tinggi dalam mengatur pola belajar kaya gitu. So,gw ulang lagi, belajar dinilai bukan 'lamanya' tapi 'efektifnya'.
  • DOA
Terbayang gak sih kalo yang daftar FKUI itu berapa?? dan ternyata yang keterima cuman berapa? belum lagi pas hari-H lu dapet soal yang susah, apa perasaan lu? waktu pengerjaan juga sangat singkat, satu soal sekitar dua menit bahkan kurang, gimana lu menyikapinya? kalo bukan Tuhan yang mengizinkan kita untuk lancar mengerjakan soal dan duduk di bangku kuliah yang kita mau, siapa lagi?

Jangan sekali-sekali lu berpikir tanpa izin Tuhan lu tetep lolos tes PTN. Pikir lah pasti sebuah keajaiban yang membuat lu lolos dari 240 menit, 100 soal lebih, dan 3 angkatan yang lu lawan. Maka dari itu faktor doa juga sangat berpengaruh selama lu belajar tes PTN. Mintalah kepada-Nya kursi mana yang terbaik buat lu, sehingga pada saat pengumuman nama lu tercantum di universitas yang bukan impian lu, setidaknya bisa nerima karena jalan yang diberikan adalah yang terbaik buat lu.

Minta maaf kepada siapapun, orang tua, saudara, teman, bahkan musuh. Biarlah lu mengalah meskipun bukan lu yang salah, tapi disini tantangan lu bisa maafin orang lain atau tidak. Percaya deh selagi ada orang yang gak enak hati sama lu, jalan hidup lu sendiri gak akan lancar. So, usahakan gak ada lagi yang bermasalah sama lu dan dari situ doa yang lu minta pasti didengar oleh Tuhan.

Sekian penjabaran belajar "ekstra" versi gw, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya..
Kurang lebihnya mohon maaf..
Kritik dan saran sangat dibutuhkan..
Danke!
Previous
Next Post »
Thanks for your comment

Thanks for your visit :)
Klik disini untuk info lebih lanjut