Klik disini untuk info lebih lanjut

Merawat Laptop

Berassa laptop udah lambat? sering nge-hang? waktu lagi ngerjain tugas/skripsi tiba-tiba Laptop kita error, terus data yang kita kerjain belum sempet di save? Wah kasian banget.
Ngak mau kayak gitu kan? Makanya coba ikutin cara-cara di sini.  Yang pertama, kita harus rawat laptop dari luar (fisik)

1. Rajin Membersihkan Laptop
Ada orang yang kalo pake laptop tinggal pake aja, nggak merhatiin itu laptop gimana kondisinya. Kasian banget laptopnya, malah kadang ada yang sampe karatan casingnya !
Jangan sampe begitulah harusnya. Tapi kalo udah terlanjur yaa mesti beli laptop cleaner yang ada di pasaran.

Kalo misalnya gak sempet beli, bisa kok pake lap yang lembut sama air bersih (air mineral botol). Jangan pake air yang asalnya dari kran/bak kamar mandi, soalnya air yang begitu bakalan bikin laptop kita jadi jamuran. Kalo kamu milih lap nya pake tissue, usahain tissue bayi aja jangan tisu yang biasa apalagi tissue makan, soalnya walaupun keliatan lembut, tissue kayak gitu punya permukaan yang kasar. Bukan malah laptop kamu jadi bersih malah kegores-gores.

2. Rawat LCD (layar) laptop
Salah satu bagian luar dari laptop yang paling sensitif  itu lcd / layar laptop. Kenapa sensitif? Lagi PMS Soalnya permukaannya itu tipis, terus alus banget, jadi goresan kecil pun bisa keliatan.
Cara yang bener buat bersihinnya sama kaya cara nomer satu, tapi kamu mesti lebih lembut lagi waktu ngelapnya, basahin tissue lembut/lap baru kita bersihin pelan-pelan, terus langsung dikeringin pake lap lembut/tissue lembut yg kering.

3. Debu di sela-sela Keyboard
Nah kamu mesti ati-ati sama yang satu ini, walaupun dia kecil, enteng, terbang-terbang, dia itu bahaya buat laptop. Yap, debu. Kalo ada debu di sela-sela keyboard, debu itu bisa masuk ke dalem laptop, terus bisa nyumbat saluran pembuangan udara panas, kalo udah kayak gitu laptop kamu jadi panas, terus overheat & rusak. Salah saiapa kalo gitu?
Terlepas dari salah siapa, lebih baik kita cegah biar debu nggak masuk ke laptop kita. Caranya, pakai keyboard protector. Kalo yang belom tau keyboard protector itu apa, ini gambarnya :

ituloh yang terbuat dari karet, kenyal-kenyal, sama lengket..

Bersihin juga pake kuas lembut pelan-pelan kalo udah ada debu di sela-sela keyboard.

4. Hindari tempelan-tempelan di Laptop
Kamu termasuk orang yang suka kumpulin sticker? Kalo iya, nempelinnya jangan di laptop, soalnya tempelan itu nanti bakal kena ke LCD laptop kamu, terus nanti lcd nya jadi rusak. Kalo mau tetep nempelin sticker di laptop, ya  tempelin di luar lah (di belakang layar lcd) itu sih gapapa, nggak ada pengaruhnya kok.

Lanjut ke : Mempercepat Kinerja Laptop
Previous
Next Post »
Thanks for your comment

Thanks for your visit :)
Klik disini untuk info lebih lanjut